5 April 2013

Bibit Istimewa Kaki 2 dan kaki 3






Sering kali beberapa pembeli atau orang yang menanam ganitri menginginkan tanaman yang sempurna dalam arti tanaman cepat besar, cepat berbuah dan buahnya lebat, untuk urusan mengecilkan buah sudah tidak jadi masalah (akan saya bahas lagi nanti). Dari situlah timbul ide membuat bibit dengan pertumbuhan yang sangat cepat, yaitu dengan menambah 1 atau 2 batang bawah lagi menjadi kaki 2 atau kaki 3.
Pertumbuhan bibit dengan kaki ganda jauh lebih cepat dibanding bibit biasa (okulasi standar kaki 1) karena serapan unsur hara dari tanah lebih optimal dan pertumbuhan dahan pohon cenderung lebih lebar. Sehingga jarak tanam juga jadi lebih lebar. Bibit seperti sangat cocok ditanam didepan rumah sebagai naungan, karena tajuk dahan lebar tapi tanaman tidak terlalu tinggi. Bisa bertahan didaerah kering dan tandus karena akar yang bekerja lebih banyak.
Kekurangan bibit berkaki ganda terletak pada kakinya, jika salah satu kakinya putus, maka bibit berkaki ganda akan sama dengan bibit berkaki 1 biasa, padahal harganya lebih mahal. Disamping itu, mengirim bibit kaki 2 juga lebih susah karena cukup memekan tempat dan tidak boleh ditumpuk.
Mungkin segitu saja posting saat ini, kami menerima kritik dan saran dari pembaca sekalian. Bila ada unek-unek bisa menghubungi saya di 0856 4790 2839 atau datang langsung ke rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar